20 Persen Perempuan NTB Kepala Rumah Tangga


20 Persen Perempuan NTB Kepala Rumah Tangga - Sekarang ini berdasarkan data yang ada, kondisi perempuan di Provinsi Nusa Tenggara Barat masih sangat memprihatinkan. Karena sebanyak 22 persen perempuan NTB buta aksara danlebih dari 20 persen kaum perempuan menjadi kepala rumah tangga.

Mereka itu diantaranya adalah perempuan lajang yang terpaksa menjadi tulang punggung keluarga, perempuan yang mempunyai suami seorang pengangguran atau sakit permanen, suaminya telah meninggal dunia ataupun perempuan yang sudah bercerai akan tetapi masih menanggung beban hidup anak-ankanya.
20 Persen Perempuan NTB Kepala Rumah Tangga

Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Nusa Tenggara Barat, Elok Badrul Munir mengatakan bahwa beliau bersama organisasi wanita akan bertindak mengenai hal ini untuk mengentaskan mereka. Selain itu hal ini juga disebakan adanya perkawinan pada usia dini yang tidak siap dan paling banyak adalah status perceraian. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) NTB Ratningdiah.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi NTB sangat berupaya untuk lebih meningkatkan usia perkawinan agar bisa memperkecil persentase perceraian serta kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Ratningdiah juga menambahkan bahwa rendahnya tingkat pendidikan kaum perempuan di NTB membuat posisi tawar perempuan rendah.

Hasil survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) NTB menyebutkan bahwa angka jumlah penduduk kaum perempuan di NYB jauh lebih besar daripada angka jumlah penduduk laki-laki. Hasil sensus penduduk pada tahun 2010 menunjukkan jumlah keseluruhan penduduk NYB adalah 4.496.855 jiwa dimana jumlah kaum perempuannya adalah 2.316.687 jiwa. Nilai jumlah penduduk perempuan ini lebih besar 136.519 jiwa dari jumlah penduduk laki-laki di NTB yang hanya sebanyak 2.180.168 jiwa.

Jumlah kepala rumah tangga kaum perempuan di NTB mencapai angka 20,41 persen, mereka sebanyak 77,75 persen tidak atau belum pernah sekolah dan tamat SD, kemudian 57,14 persen berstatus janda. Dari jumlah itu, 56,47 persennya bekerja sebagai buruh tani.

Baca juga Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik - Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia


0 comments:

Posting Komentar

 

Site Info

Followers

Copyrights © 2010 RifatSoftware Support Berita Teknologi Blog RifatView Blog SEO RifatView
Also Supported SEO Contest
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik - Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
Jual RPP dan Silabus - Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia
Informasi Kredit Terbaik di Indonesia - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda