menjadi seorang "GURU"





Berdasarkan pengalaman yang telah saya alami sendiri selama menjadi guru di sebuah SMP swasta di daerah poncokusumo, tepatnya di SMP Sunan Ampel Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo, ternyata menjadi seorang guru pada jaman sekarang ini tidaklah semudah kita berbicara. Seorang guru saat ini harus dituntut serba professional. Professional dalam hal ini berarti universal. Maksudnya kita di tuntut professional dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Kita di tuntut professional dalam menghadapi segala bentuk kelakuan atau sikap murid. Pengertian profesiional ini mungkin bersifat relatif dan belum tentu antara guru yang satu dengan yang lainnya makna "Professional" ini mempunyai arti yang sama. Professional dalam memberikan pelajaran kepada siswa berarti bahwa kita harus bisa menyampaikan mata pelajaran yang kita ajarkan agar bisa diterima dengan mudah oleh siswa. Tentu saja hal ini tidaklah sangat mudah. Hal ini menurut saya sangat sulit sekali. Apalagi tingkat kemampuan berpikir siswa juga bervariasi. Ada siswa yang mampu menyerap mata pelajaran dengan cepat dan ada siswa yang menyerap mata pelajaran dengan lambat. Dari hal inilah kita di tuntut untuk "Professional" dalam mengajar. Dalam mengejar kita boleh sekedar mengajar tanpa memikirkan apakah siswa yang kita ajarkan mampu menyerap pelajaran yang kita berikan pada hari itu. Hal ini mungkin menjadi "PR/Pekerjaan Rumah" yang harus saya pikirkan secara matang. Dan saya harus memikirkan, metode mengajar yang bagaimana agar semua siswa yang berbeda kemampuan berpikirnya bisamenyerap pelajaran dengan cepat. Mungkin ada sebagian kecil guru yang jarang memikirkan hal semacam ini. Dengan perkembangan berbagai macam teknologi dan Informasi yang ada saat ini, kita dituntut untuk memberikan pengetahuan kepada siswa yang sesuai dengan perkembangan jaman saat ini.
Yang kedua, kita di tuntut "Professional" dalam menghadapi kelakuan dan sikap siswa yang juga lebih bervariasi dan bermacam-macam lagi. Ada siswa yang pendiam, ada siswa yang suka bikin gaduh di kelas, ada siswa yang suka telat masuk kelas, ada siswa yang pendiam tapi tidak memperhatikan ketika guru sedang meneragnkan pelajaran. Dalam hal ini kita tidak boleh mendahulukan "emosional" kita untuk menghadapi kieberagaman sikap dan kelakuan siswa yang seperti ini. Kita di tuntut untuk "Professional" kapan kita harus memarahi mereka, kapan kita harus memberikan pengarahan kepada mereka serta kapan kita harus memberikan sanjungan kepada mereka dan kapan kita mengajak mereka bercanda dalam kelas. Tentu saja hal ini makin sulit untuk diterapkan. Tetapi dengan "keprofessional-an" kuta dalam hal ini, mungkin kiat-kiat/cara-cara kita untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa bisa mereka terima dan bisa mereka serap dengan cepat. tetapi kadang juga tidak semudah yang dibayangkan. kadang saja ada salah satu murid yang suka bikin gaduh pada waktu guru menerangkan pelajaran, mungkin ini juga membuat kita marah dan juga jengkel. Emosional kita pada saat itu bisa memuncak dan bisa berakibat fatal apabila kita tidak bisa mengendalikan emosi kita. Bisa-bisa berujung pada penganiayaan terhadap siswa kita. Tentulah hal ini tidak diinginkan danjangan sampai terjadi kejadian yang seperti ini di sekolah kita tempat mengajar. Karena hal ini dapatmencoreng nama baik kita sendiri sebagai pengajar, dapat memberikan citra buruk ke sekolah dan juga berakibat fatal yaitu kita sendiri bisa "dipecat" atau dikeluarkan dari sekolah tempat kitang mengajar. Subhanallah, jangan sampai hal ini menimpa kita semua. Sebisa mungkin, meskipun ada siswa yang memang membuat kita jengkel, janganlah sampai kita itu menuruti emosi kita yang berujung kepada penganiayaan. Berikan pengarahan kepada siswa, berikanlah sedikit sanjungan bagi siswa dan jangan terlalu serius dalam mengajar di kelas. Sewaktu-waktu pada saat mengajar di kelas, berikan mereka humor-humor ringan agar pikiran mereka tidak teralu tegang pada saat pelajaran dan mungkin juga suasana yang tegang inilah yang membuat siswa sulit untuk menyerap pelajaran dengan baik dan cepat.
Mungkin ini saja dulu sebagian tips yang bisa saya tuliskan di sini. Di lain waktu mungkin akan saya bagikan lagi tips-tips yang lain.Dan saya berharap, semoga bacaan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, apalagi bagi Bapak/Ibu guru yang mungkin saja tidak sengaja melalui "search engine" menemukan artikel simple yang saya buat ini. Dan jangan lupa untuk kasih komentar pada artikel ini dan terima kasih.


posted and writted by N-R-A in bagi-bagi

Baca juga Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik - Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia


0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Site Info

Followers

Copyrights © 2010 RifatSoftware Support Berita Teknologi Blog RifatView Blog SEO RifatView
Also Supported SEO Contest
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik - Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
Jual RPP dan Silabus - Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia
Informasi Kredit Terbaik di Indonesia - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda