Inilah Cara Memasang Sitemap Di Wordpress


Mungkin karena saya baru saja memasang sitemap pada Blog Cyber Kebumen, saya hanya ingin share bareng saja. Banyak dari teman-teman blogger yang kurang paham akan kegunaan sitemap pada blog. Sitemap itu apa? Sitemap banyak orang menyebutnya dengan Peta Situs mungkin ini terjemahannya kali ya? Mungkin arti secara lengkap seperti ini, sitemap adalah peta situs yang berguna untuk mempermudah mesin pencari seperti Google, MSN, dan lainnya mengcrawl halaman-halaman suatu website atau blog. Rekan blogger mungkin pernah membuka situs-situs dari suatu perusahaan ternama seperti telkomsel misalnya, pasti sitemap untuk website sudah tersedia.

Selain berfungsi mempermudah mesin pencari mengcrawl halaman suatu web atau blog, sitemap juga berfungsi memberikan isyarat bagi robot crawl untuk halaman-halaman atau isi posting yang mengalami perubahan, baik penambahan konten, komentar, maupun penambahan gambar dan url. Nantinya sitemap tersebut akan memberikan ping kepada mesin pencari yang kita pilih misal Google, dan MSN. Apakah Yahoo! juga disebut sebagai mesin pencari? Rekan blogger salah menyebut Yahoo! sebagai mesin pencari. Yahoo! singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle. Nah, benar sekali Yahoo! itu suatu website direktori bukanlah mesin pencari. Artinya website Anda tidak akan pernah masuk ke direktori Yahoo! jika tidak disubmit.


Bagaimana cara memasang sitemap pada blog? Ada satu plugin pembuat sitemap untuk blog dengan software cms wordpress. Nama plugin pembuat sitemap tersebut adalah Google XML Sitemap. Namanya memang “Google”, mungkin pembuatnya Arne Brachhold mempertimbangakan dari segi mesin pencari yang paling populer yaitu Google. Dengan bantuan plugin ini setiap artikel yang kita posting akan secara otomatis masuk ke dalam sitemap.xml sehingga saat Google meng-crawl blog kita jika menemukan error atau posting yang berubah (terutama permalink) sitemap.xml akan menjelaskan kepada Google tentang perubahan yang terjadi pada postingan tersebut, walaupun sitemap.xml itu sendiri sudah melakukan ping terhadap perubahan konten blog.
Plugin ini merupakan plugin yang wajib diinstal pada blog. Berikut cara menginstal / memasang sitemap pada blog.

Download plugin Google XML Sitemap di sini Upload ke direktori wp-content/plugins
Login ke Dashboard dan aktifkan plugin

Setelah plugin Google XML Sitemap aktif sekarang kita harus login ke CPanel hosting. Anda bisa login di domain.com/cpanel menggunakan username dan password hosting. Lalu buka File Manager di Cpanel tersebut dan masuk ke public_html. Anda harus membuat sitemap manual terlebih dahulu. Caranya klik New File dan ketik saja sitemap.xml dan buat satu lagi untuk backup sitemap, klik New File dan ketik saja sitemap.xml.gz mengapa bukan file zip jawabannya karena pada umumnya hosting menggunakan OS Linux. Setelah itu kedua file tersebut harus diubah ke CHMOD 777. Cara mengubah chmod bagaimana? Masuk ke File Manager klik kanan pada nama file pilih Change Permission ubah beri centang semua untuk mengubah ke CHMOD 777. Langkah membuat sitemap manual selesai.

Sekarang kita ke tahap paling akhir membuat sitemap untuk blog wordpress. Balik ke Dashboard dan klik menu Setting-XML Sitemap kemudian klik rebuild sitemap. Tunggu sebentar dan sitemap Anda sudah jadi! Yang perlu diperhatikan CHMOD harus write and read 777. File sitemap berukuran besar jadi mungkin akan sedikit memakan space hosting Anda. Ada yang masih bingung silahkan tinggalkan komentar.

Baca juga Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik - Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia


2 comments:

david on 2 Maret 2011 pukul 15.35 mengatakan...

makasih OM saya sangat terbantu

Pustaka Sekolah on 18 April 2011 pukul 22.53 mengatakan...

thanks atas infonya gan :D

Posting Komentar

 

Site Info

Followers

Copyrights © 2010 RifatSoftware Support Berita Teknologi Blog RifatView Blog SEO RifatView
Also Supported SEO Contest
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik - Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
Jual RPP dan Silabus - Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia
Informasi Kredit Terbaik di Indonesia - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda