Panduan Untuk Membuat Blog di blogspot (www.blogger.com)


Tulisan ini saya dedikasikan bagi mereka-mereka yang merasa pengen buat bLog sendiri, dan mungkin saja beberapa dari mereka-mereka yang akan membuat bLog merasa kebingungan dan kesuLitan bagaimana cara untuk membuat bLog dan di mana harus membuat bLoh.Berikut ini saya tuLiskan beberapa Langkah dan cara untuk membuat bLog anda sendiri.



1. Apa yang dimaksud dengan Blog ?
Blog merupakan kepanjangan dari Web log, adalah suatu situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih berat kepada penggambaran dari sang pembuat blog itu sendiri.
Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog yang dapat bekerja secara otomatis aehingga mudah untuk dioperasikan. Jadi bagi kita-kita yang masih merasa kebingungan dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website bukan menjadi suatu masaLah. Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account e-mail di internet, maka untuk membuat blog-pun saya yakin anda pasti bisa.

2. Cara membuat blog

Seperti halnya e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silakan daftarkan diri anda lebih dulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider sangatlah banyak terdapat di internet dan beberapa yang populer saat ini adalah http://www.blogger.com, http://www.wordpress.com serta http://blogsome.com.
Akan tetapi, di dalam tuLisan saya kaLi ini, akan saya bahas tentang cara pembuatan blog di www.blogger.com, Silahkan anda klik gambar dibawah untuk mendaftar.
ciptakan blog sekarang juga

Setelah anda berada pada situs blogger.com, anda akan melihat gambar seperti gambar di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Klik tanda panah yang terdapat tuLisan "CIPTAKAN BLOG ANDA"
  2. Isilah Alamat Email dengan alamat e-mail anda (tentunya yang valid/yang sudah pernah anda buat sebeLumnya, Lebih bagus Lagi kaLau anda membuat e-mail di google atau kLik di sini untuk membuat email di google)
  3. Isikan kembali alamat e-mail anda tadi pada kotak isian Ketik ulang alamat email
  4. Tuliskan password yang anda inginkan pada kotak isian Masukkan sebuah password
  5. Isikan kembali password anda tadi pada kotak isian Ketik ulang sandi (password)
  6. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin anda tampilkan (bisa memakai nama panggiLan anda, nama keciL anda, nama beken anda ataupun yang Lain yang penting mudah di ingat dan berhubungan dengan anda)
  7. Tulis tulisan yang tertera pada kotak Verifikasi Kata. Beri tanda cek/ceklist/centang pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.
  8. Klik gambar tanda panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"
  9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada kotak isian Judul Blog
  10. Tulis nama situs anda pada kotak isian Alamat Blog (URL) (pakaiLah dengan nama yang mudah di ingat, misal memakai nama saya "http://rifat.blogspot.com" atau yang berhubungan dengan apa yagn akan kita posting di bLog kita, misaL kita akan membuat postingan hanya tentang software jadi "http://rifatsoftware.bogspot.com)
  11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".
  12. Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"
  13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di ciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISHKAN POSTING".


3. Isi ( Content ) blog :
Untuk para pemula, pasti mereka bingung setelah daftar membuat blog, apa yang harus di isi (diposting) dalam blog yang teLah mereka buat tadi. Isi (content) dari blog tentu saja terserah kepada sang pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi puisi, perjalan hidup, teknik, ataupun apa saja itu terserah anda sendiri. Dan di sini saya mengarahkan agar blog anda tersebut di isi dengan minat ataupun hoby serta keahlian anda masing-masing pembuat bLog, karena tentu di luar sana masih banyak sekali orang yang minat dan hoby nya sama dengan dengan anda, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan anda.

(to be continue)


posted by N-R-A in blog tutorial

Baca juga Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik - Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia


0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Site Info

Followers

Copyrights © 2010 RifatSoftware Support Berita Teknologi Blog RifatView Blog SEO RifatView
Also Supported SEO Contest
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik - Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
Jual RPP dan Silabus - Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia
Informasi Kredit Terbaik di Indonesia - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda