9 Strategi Mendapat Uang Lewat Blog


Setiap blogger bisa mendapat uang (dolar) lewat blog. Namun, besarnya uang yang didapat tidak sama: ada yang banyak, cukup, dan ada juga yang kurang. Semua itu tergantung dari strategi yang digunakan untuk mendapatkannya.
Di bawah ini adalah 9 strategi mendapat uang lewat blog yang saya sarikan dari beberapa referensi. Semoga ini menambah wawasan bagi Anda yang belum mengetahuinya. Silakan anda baca keterangan di bawah ini :


1. Blog Besar (big blog)
Ini merupakan strategi yang paling besar menghasilkan profit dan banyak memakan waktu. Cara memonetisasinya beragam mulai dari pemasangan iklan, adsense, sampai afiliasi. Blogger yang memilih strategi  ini harus fokus sehingga blognya menjadi populer dan menjadi otoritas di niche-nya.
  • Keuntungan: banyak opsi monetisasi, pemilik blognya menjadi terkenal, dan menjadi blog otoritas atau rujukan.
  • Kelemahan: Sangat menyita waktu dalam membuat konten, mendatangkan trafik, meningkatkan alexa rank, dan membangun jaringan, terlebih jika dikelola sendiri. Selain itu, pemilik blog harus memiliki banyak pengalaman di bidangnya dan melahirkan ide-ide kreatif.
Problogger, DoshDosh, DailyBlogTips, John Chow dot com, dan 5 blog blogging terbaik Indonesia merupakan contoh-contoh blog besar.
2. Strategi Paid Review
Strategi ini relatif sederhana. Bikin beberapa blog (terutama blog dengan domain berbayar), fokus pada meningkatkan page rank (3 ke atas), dan alexa rank. Bisa juga dengan membuat blog dari domain yang berpagerank.
Selanjutnya, daftarkan semua blog itu ke broker paid review seperti ReviewMe, Blogvertise, SponsoredReview, dan lain-lain. Bisa juga mencari review dengan menghubungi direct advertiser di forum-forum (misal Digital Point).
  • Keuntungan: Tidak memerlukan trafik yang tinggi karena umumnya paid review didasarkan pada page rank. Semakin tinggi page rank (terutama blog berbahasa Inggris), semakin besar mendapat job paid review.
  • Kelemahan: Bukan passive income. Anda harus menulis paid review jika ingin mendapat uang. Jika berhenti, maka Anda tidak akan mendapat uang.
3. Jalur Splog
Splog adalah blog yang kontennya berasal dari RSS feed situs atau blog lain. Monetisasi strategi ini umumnya  dengan Google Adsense dan afiliasi.
  • Keuntungan: Tidak perlu repot-repot menulis konten.
  • Kelemahan: Pendapatan kecil. Maki menyebutkan bahwa rata-rata blog ini menghaslkan $ 5 per bulan. Jadi, jika ingin mendapat $1,000 per bulan, maka blog yang harus dibuat adalah 200 blog.
4. Strategi menjual link atau banner
Strategi ini fokus kepada jualan text link. Yang mempengaruhinya adalah page rank dan relevansi konten.
  • Keuntungan: Sangat mudah dimonetisasi. Sebuah blog berpage rank tinggi dan niche yang basah (mortgage dan credit cards) sangat menarik minat pengiklan. Seperti halnya paid review, jalur ini tidak memerlukan trafik yang tinggi.
  • Kelemahan: Keuntungan dibatasi oleh besarnya page rank.
5. Adsense, pay per click, atau afiliasi
Jalur ini ditempuh dengan membuat blog  dengan topik khusus. Diperlukan riset kata kunci, SEO, dan analisis kompetitor.
  • Keuntungan: Bisa membayar orang untuk menulis konten. Update-nya pun tidak harus tiap hari, namun bisa seminggu sekali, dua minggu sekali, dan sebagainya. Jika mendapat banyak trafik dari mesin pencari, pendapatan akan besar. Dalam jangka panjang merupakan passive income.
  • Kelemahan: Banyak pesaing dalam memperebutkan trafik dari mesin pencari.
6. Blog Network
Strategi ini dilakukan dengan bergabung di blog network dan akan memperoleh job untuk membuat konten untuk suatu blog berdasarkan kontrak kerja sama. Pembayarannya berdasarkanjumlah page views, atau bagi hasil.
  • Keuntungan: Pendapatan per bulan  relatif stabil
  • Kelemahan: Pembayaran akan mengacu ke kontrak yang disepakati, sehingga bila ingin menaikkan jumlah pembayaran harus menunggu dalam jangka waktu tertentu.
7. Jasa Penulisan Konten Review
Strategi ini berupa menyediakan pelayanan berbayar untuk paid review.
  • Keuntungan: Mendapat banyak order dari blogger yang susah atau tidak memiliki waktu menulis paid review yang diikutinya.
  • Kelemahan: Pendapatan kecil karena umumnya satu tulisan dibayar $1.

8. Jasa Pembuatan Blog
Strategi ini menyediakan jasa pembuatan blog bagi blogger pemula yang tidak mau repot atau pemula dalam membuat blog bisnis.
  • Keuntungan: Memiliki banyak kolega dan pendapatan relatif stabil.
  • Kelemahan: Segmen pasar kecil karena harus bersaing dengan blog berplatform gratisan.

9. Blogger Bayaran
Strategi ini berupa membuat tulisan untuk suatu blog. Tulisan itu merupakan bagian dari update blog, bukan ditujukan untuk paid review.
  • Keuntungan: Pendapatan relatif stabil karena dibayar berdasarkan kontrak kerja sama.
  • Kelemahan: Bukan passive income.


sumber : blogodolar.com

Baca juga Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik - Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia


1 comments:

gak mutu on 23 Desember 2009 07.00 mengatakan...

makasih infonya ...
jadi lebih mengerti lagi ....

Posting Komentar

 

Blog Archive

Site Info

Followers

Copyrights © 2010 RifatSoftware Support Berita Teknologi Blog RifatView Blog SEO RifatView
Also Supported SEO Contest
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik - Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
Jual RPP dan Silabus - Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia
Informasi Kredit Terbaik di Indonesia - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda