Membuat Read More pada Artikel untuk Template klasik di Blogger


Ketika anda meLihat juduL di atas mungkin anda merasa aneh dan mungkin asing bagi anda-anda para pengunjung bLog saya, terus "membuat Read More pada Artikel" maksudnya apa ya?. Bagi para sobat yang baru saja membuat suatu bLog, mungkin saja beLum mengetahui informasi ini dan mudah-mudahan dengan membaca artikeL ini dapat menambah pengetahuan kita tentang tata cara nge-blog.

Anda mungkin meLihat bahwa artikeL-artikeL di sebagian bLog atau website terLihat hanya berupa juduL-juduL dengan satu atau dua buah paragraf saja, dan untuk meLihat dari keseLuruhan artikeL, anda harus meng-kLik Link yang bertuliskan >> Baca Selengkapnya.../Read More...", ini di sebut peringkasam atau pengkaburan postingan. Bagi anda yang baru saja mem-posting artikeL hanya satu atau dua artikeL saja mungkin menganggap tidak perLu menyingkat artikeL sobat, namun jika nanti artikeL anda sudah banyak, maka mungkin saja anda mempunyai ke-ingin-an untuk membuat menu ini.
Untuk membuat menu "Read more" kita harus menambahkan beberapa kode HTML ke daLam template bLog kita. Tapi pada artikeL saya kaLi ini, saya khususkan hanya untuk para blogger yang memakai tempLate kLasik saja, untuk yang memakai tempLate baru siLakan tunggu pada postingan artikeL saya yang seLanjutnya. Hehehe....tapi daLam waktu dekat pasti akan saya tuLiskan bagaimana cara membuat "Read More" pada Artikel untuk Template Baru di Blogger.

Untuk membuat "Read More" siLakan anda ikuti Langkah-Langkah berikut :

  • Login ke blogger.com dengan id (username) sobat
  • Klik menu yang bertuLiskan Template
  • Klik menu Edit HTML
  • jangan Lupa Copy seLuruh kode tempLate miLik anda, kemudian paste pada notepad dan kemudian simpan, untuk membuat back up data. Langkah ini dimaksudkan agar, apabiLa terjadi suatu kesaLahan daLam tempLate seteLah kita rubah-rubah, kita masih punya cadangan data untuk mengembaLikan tempLate kita ke bentuk sebeLum kita meLakukan perubahan pada tempLate.
  • Copy kode HTML di bawah ini, dan kemudian paste persis di atas kode </style> :
  •  
    <MainOrArchivePage> div.fullpost {display:none;} </MainOrArchivePage> <ItemPage> div.fullpost {display:inline;} </ItemPage>
untuk mempercepat pencarian kode </style>, silahkan sobat klik menu Edit yang ada pada bar menu browser, kemudian klik Find (on this page)..., Lalu tuLis </style> pada kotak isian, trus kLik tomboL find next, maka secara otomatis akan di bawa ke kode tersebut. Atau untuk anda yang menggunakan browser Firefox siLakan tekan tomboL Ctrl + F LaLu paste kode </style> pada kotak isian "Cari/Find".
  • Langkah seLanjutnya adaLah, siLakan copy kode berikut LaLu paste seteLah kode <$BlogItemBody$> :
  •  
    <MainOrArchivePage><br/> <a href="<$BlogItemPermalinkURL$>">Read more!</a> </MainOrArchivePage>
    Lagi-Lagi Untuk mempercepat pencarian kode <$BlogItemBody$>, siLakan anda Lakukan seperti Langkah untuk mencari kode </style>

  • Klik tomboL yang bertuliskan SAVE SETTINGS
  • Langkah seLanjutnya adalah kLik menu Setting
  • Klik menu Formatting
  • Dibagian bawah menu tersebut ada kotak di samping tuLisan Post Template, siLakan isi kotak kosong tersebut dengan kode di bawah ini :
  • <div class="fullpost"> </div>  SebetuLnya Langkah yang ini tidak wajib diLakukan, tetapi ini di maksudkan agar ketika kita mau mem-posting suatu artikeL, kode tersebut akan muncuL secara otomatis tanpa harus di tuLis terLebih dahuLu, tentunya ini akan Lebih mempermudah dan tidak harus seLaLu mengingat kode tersebut.
  • kemudian jangan Lupa klik tombol Save Settings
  • Selesai

Cara Mem-Posting Artikel

Sesudah beberapa tahap kita LaLui, sekarang kita masuk ke tahap bagaimana cara memposting suatu artikel agar ada menu Readmore-nya.

  • KLik menu Posting
  • kLik menu Edit HTML, nah di sana secara otomatis akan tampak kode yang kita simpan tadi, yaitu :
  • <div class="fullpost">


    </div> 
    simpan artikeL sobat yang ingin di tampiLkan sebelum kode <div class="fullpost"> kemudian simpan sisa keseluruhan artikel setelah kode <div class="fullpost"> dan sebelum kode </div> Agar lebih jelas, saya beri contoh, misal artikelnya begini : Ini adalah contoh tulisan yang di simpan pada awal artikel yang akan selalu muncul pada blog kita, sedangkan tulisan yang lainnya tidak akan muncul. <div class="fullpost"> dan tulisan yang ini adalah tulisan yang akan muncul ketika para pengunjung meng klik link yang bertuliskan Read more. </div>   Hasilnya yang akan tampak pada blog kita adalah seperti ini : Ini adalah contoh tulisan yang di simpan pada awal artikel yang akan selalu muncul pada blog kita, sedangkan tulisan yang lainnya tidak akan muncul. Read more!   

Bagaimana ???!?!?? Mudah banget kan caranya untuk membuat "Rad More" pada artikeL yang kita buat di bLogger dengan menggunakan tempLate bLogger kLasik.

Sedikit clue, kata Read more! sebenarnya bisa kita ganti sesuai dengan keinginan kita, misaLkan kita rubah menjadi Baca selengkapnya..., Selengkapnya.., Selanjutannya... Read More, atau apa saja yang penting kata tersebut bisa memberi tahu kepada para pengunjung bahwa artikeL kita ada Lanjutannya.

Kode di atas sebenarnya ada alternatif lain, yakni memakai kode Span, jika berminat, ganti semua kode div menjadi Span. Hasilnya akan sama, cuma bagi para sobat yang suka posting pada menu compose, kode ini sering ada masalah di karenakan bertabrakan dengan perintah lain yang memakai kode Span.





Selamat mencoba dan semoga sukses. Dan berhasiL membuat Read More pada artikeL anda.




posted by N-R-A in blog tutorial

Baca juga Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik - Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia


0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Site Info

Followers

Copyrights © 2010 RifatSoftware Support Berita Teknologi Blog RifatView Blog SEO RifatView
Also Supported SEO Contest
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik - Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
Jual RPP dan Silabus - Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia
Informasi Kredit Terbaik di Indonesia - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda