Membuat Read More di Template Klasik Blogger


blogger tips warning : Tutorial ini hanya dikhususkan bagi anda parablogger yang masih memakai templat klasik di blogger

blogger tips kaLi ini akan membahas tentang cara membuat Read More pada tempLate kLasik bagi para blogger yang berdomain di blogger.com

Untuk blogger tips yang membutuhkan cara untuk membuat Read More pada tempLate yang baru, jangan khawatir, blogger tips juga akan segera menyediakannya di sini.

Mungkin para bLogger pernah menemukan sebuah artikeL di suatu website/bLog, hanya sedikit teks yang dimuncuLkan. Dan untuk membaca keseLuruhan artikeL:, anda diharuskan untuk meng-kLik tanda "Read More" atau ""Baca selengkapnya" atapun "selengkapnya". Blogger tips akan menunjukkan Langkah-Langkah yang harus anda Lakukan untuk membuat Read More pada tempLate kLasik bLogger di bawah ini :
  • LoginLah ke blogger.com dengan menggunakan id anda
  • SeteLah Login siLakan anda kLik tab menu yang bertuLiskan "template" atau "tata letak"
  • Setelah itu siLakan anda kLik Lagi tab menu "edit HTML"
  • Jangan Lupa juga untuk meng-Copy semua kode tempLate miLik sobat LaLu paste-kan pada notepad dan kemudian disimpan, untuk membuat back up data. Ini dimaksudkan apabiLa terjadi kesaLahan daLam tempLate seteLah kita merubahnya atau menambahkan script, kita masih punya cadangan data untuk mengembaLikannya seperti semuLa sebeLum kita meLakukan perubahan atau menambahkan script yang mungkin saLah.
  • Kemudian siLakan anda cari kode script yang bertuLiskan </style>.
  • Untuk memudahkan pencarian kode </style>, siLakan anda tekan Ctrl + F pada keyboard dan di monitor akan muncuL kotak find. Kemudian paste-kan kode </style> pada kotak pencarian dan kLik tomboL find dan pasti ketemu.
  • SeteLah ketemu, paste-kan kode di bawah ini tepat persis di atas kode </style>

<MainOrArchivePage>

div.fullpost {display:none;}

</MainOrArchivePage>

<ItemPage>

div.fullpost {display:inline;}

</ItemPage> 
  • Langkah seLanjutnya yang harus anda Lakukan adaLah copy-kan kode di bawah ini persis/tepat di bawah kode <$BlogItemBody$&gt;

<MainOrArchivePage><br/>

<a href="<$BlogItemPermalinkURL$>">Read more!</a>

</MainOrArchivePage>
  • SeteLah seLesai, siLakan anda kLik "SAVE SETTING" / "SIMPAN PENGATURAN"
  • Langkah ini beLumLah seLesai. SeteLah itu siLakan anda kLik menu "Setting"
  • Kemudian kLik menu "Formatting"
  • Di bagian bawah menu tersebut ada kotak di samping tulisan Post Template, nah isi kotak kosong tersebut dengan kode di bawah ini :
<div class="fullpost">


</div> 

Sebenarnya Langkah ini tidak wajib diLakukan,akan tetapi ini di maksudkan agar ketika kita mau posting artikeL, kode tersebut akan muncuL secara otomatis tanpa harus di tuLis dahuLu, tentunya ini akan Lebih memudahkan anda dan tidak harus seLaLu mengingat kode tersebut. 

Cara Posting Artikel


Sesudah beberapa tahapan yangteLah kita Lakukan, sekarang kita masuk ke tahap bagaimana cara memposting suatu artikeL agar ada menu Readmore nya.


  • Klik menu Posting
  • klik menu Edit HTML, nah di sana secara otomatis akan tampak kode yang kita simpan tadi, yakni :
  • <div class="fullpost">


    </div> simpan artikel sobat yang ingin di tampilkan sebelum kode <div class="fullpost">, kemudian simpan sisa keseluruhan artikel setelah kode <div class="fullpost"> dan sebelum kode </div> Agar lebih jelas, saya beri contoh, misal artikelnya begini : Ketikkan sebagian dari artikeL anda yang nantinyaakan dimuncuLkan pada blog anda di sini <div class="fullpost"> dan siLakan ketikkan sisa dari artikeL anda di sini yangnantinya akan muncuL seteLah pembaca meng-kLik Read more</div> Hasilnya yang akan tampak pada blog kita adalah seperti ini : Ketikkan sebagian dari artikeL anda yang nantinyaakan dimuncuLkan pada blog anda di sini Read more!



Bagaimana, sudah jeLaskan????!?!? biLa beLum jelas siLakan di peLajari dan dipahami kembaLi.

Sedikit masukan Lagi dari blogger tips, kata Read more! sebenarnya bisa kita ganti sesuai dengan keinginan kita, misaLkan kita rubah menjadi Baca selengkapnya..., Selengkapnya.., Lanjutannya... atau apa saja yang penting kata tersebut bisa memberi tahu kepada para pengunjung dan pembaca, bahwa artikeL kita masih ada keLanjutannya.

Kode di atas sebenarnya ada alternatif lain, yakni memakai kode Span, jika berminat, ganti semua kode div menjadi Span. Hasilnya akan sama, akan tetapi bagi anda yang suka mem-posting artikeL pada menu compose, kode ini sering ada masalah di karenakan bertabrakan dengan perintah Lain yang memakai kode Span.

Sekian blogger tips kaLi ini dalam cara membuat Read more pada tempLate kLasik di blogger. Jika blogger tips ini bermanfaat bagi anda, siLakan vote saya di Lintasberita dengan mengkLik ikon Lintas berita di bawah.



posted by rifat in blogger tips

Baca juga Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik - Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia


1 comments:

tips and trick on 3 Januari 2010 pukul 10.22 mengatakan...

agak ribet juag ya,,,tapi nice the blog...makasih

Posting Komentar

 

Site Info

Followers

Copyrights © 2010 RifatSoftware Support Berita Teknologi Blog RifatView Blog SEO RifatView
Also Supported SEO Contest
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik - Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
Jual RPP dan Silabus - Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia
Informasi Kredit Terbaik di Indonesia - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda