Pengalaman Hari Pertama Menjadi Pengawas Ujian Nasional 2011 SMK


Pengalaman Hari Pertama Menjadi Pengawas Ujian Nasional 2011 Tingkat SMK - Hari Hari ini tepatnya hari Senin tanggal 18 April 2011 adalah hari di mana diawalinya Ujian Nasional untuk tingkat SMA/MA/SMK/SMALB/SMEA/MAK yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Pada Ujian Nasional kali ini banyak sekali yang berbeda dengan Ujian Nasional tahun lalu. Semuanya berubah drastis 180 derajat. Dengan adanya perubahan yang sangat drastis ini, peran seorang "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional pun makin berat. Seorang "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional di tuntut untuk lebih professional serta teliti dalam membantu dan menuntun siswa dalam mengisi LJUN (Lembar Jawaban Ujian Nasional).

Yang namanya "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional harus menuntun siswa dalam mengisi identitas yang harus diisikan oleh peserta Ujian Nasional 2011 secara detail. Mulai dari mengisi namam peserta ujian, nomor peserta ujian, tanggal lahir peserta ujian, mata pelajaran yang sedang diujikan, tanggal pelaksanaan ujian nasional dan satu pula yang tak boleh dilupakan yaitu kode paket soal yang diterima oleh peserta Ujian Nasional 2011 ini. Lagi-lagi "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional 2011 ini harus menuntun para siswa da nharus mengecek satu persatu LJUN (Lembar Jawaban Ujian Nasional) siswa dalam satu ruang.

Yang paling rawan dan sering dilakukan kesalahan oleh para siswa peserta Ujian Nasional adalah pada saat mereka mengisi tanggal. Terkadang pada kolom tanggal pelaksanaan ujian, mereka isi dengan tanggal lahir mereka. Dan ini adalah suatu kesalahan yang sangat fatal. Karena itu "PENGAWAS" ruang Ujian Nasional 2011 ini dituntut untuk ekstra berhati-hati. Bahkan setiap ruang Ujian Nasional pun sekarang sampai diberi lembar kontrol siswa dalam pengisian LJUN (Lembar Jawaban Ujian Nasional). Dalam lembar kontrol tersebut, terdapat 5 kolom yang harus di isi oleh "PENGAWAS" ruang Ujian Nasional 2011. Yang pertama adalah kode paket soal. Kode paket soal ini terdiri dari 5 kode paket soal. Kode paket soal yang pertama adalah P12, P25, P39, P46 dan P54. Pada kolom kedua ada kolom Nama Peserta yang dimaksudkan di sini adalah apakah setiap peserta Ujian Nasional pada masing-masing ruang itu sudah tepat dan benar dalam mengisikan nama pada kolom isian nama di LJUN mereka. Yang ketiga ada kolom Nomor Peserta yang dimaksudkan di sini adalah "PENGAWAS" harus memeriksa kolom momor peserta pada LJUN siswa dan mengeceknya apakah sudah benar atau belum dalam pengisiannya. Kolom keempat adalah Tanggal Lahir Peserta yang dimaksudkan di sini adalah apakah peserta Ujian Nasional sudah benar dan tepat dalam mengisikan tanggal lahir mereka masing-masing dan jangan sampai ada siswa yang keliru dalam mengisikan tanggal lahir mereka. Dan untuk kolom terakhir adalah kolom kode paket soal yang dimaksudkan di sini adalah apakah siswa sudah benar mengisikan kolom isian kode paket soal pada LJUN mereka masing-masing sesuai dengan kode paket soal yang mereka terima.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa tugas dari seorang "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional 2011 ini sangatlah besar. Dari lembar kontrol tersebut di atas tadi, jika ada siswa yang kebetulan salah dalam mengisi LJUN mereka, maka seorang "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional harus mengingatkan bahwa mereka salah dalam mengisikannya dan harus menuntun siswa untuk membenarkan pengisian LJUN mereka sampai benar.

Pada Ujian Nasional 2011 ini, kebetulan saya selaku admin blog ini juga menjadi seorang "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional 2011. Dan saya menjaga di sebuah sekolah swasta yang terletak di Kabupaten Malang tepatnya di Daerah Talok Turen di SMK Widya Dharma. Di SMK Widya Dharma ini terdapat 2 jurusan yaitu Akuntansi dan Administrasi Perkantoran. Di SMK Widya Dharma in terdapat 12 ruang ujian. Ini adalah pengalaman pertama kali saya sebagai seorang "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional di Tingkat SMK. Jarak SMK Widya Dharma ini lumayan jauh dari tempat tinggal maupun tempat asal sekolah saya mengajar. Mungkin berjarak sekitar 25 km - an lebih. Jika ditempuh dengan naik motor sekitar 30 menit dari tempat tinggal saya.

Karena ini adalah pengalaman pertama kali saya menjadi seorang "PENGAWAS" Ujian Nasional 2011, maka saya-pun bersikap ekstra hati-hati karena saya belum punya banyak pengalaman. Akan tetapi alhamdulillah siswa-siswi yang kebetulan saya jaga di ruang 6 di SMK Widya Dharma tadi semuanya bisa menjalankan Ujian Nasional 2011 ini dengan tenang tanpa ada kegaduhan sama sekali di dalam kelas. Dan kebetulan juga dalam satu ruangan tersebut hanya terdapat 1 anak laki-laki dari total 20 siswa dalam satu ruangan dan 19 lainnya adalah siswi perempuan. Mungkin karena jurusan Akuntansi dan Adminstrasi Perkantoran makanya jumlah siswa perempuannya lebih banyak dari jumlah siswa laki-lakinya dalam satu sekolah.

Mungkin ini sedikit pengalaman menjadi "PENGAWAS" Ruang Ujian Nasional yang bisa saya ceritakan kepada Anda. Bagi Anda yang mungkin kebetulan juga menjadi seorang pengawas ruang di Ujian Nasional 2011 ini, mari kita antarkan anak bangsa untuk meraih prestasi yang lebih membanggakan demi kemajuan bangsa kita bersama. Jangan anggap siswa yang kita tunggu di ruangan tersebut sebagai "anak tiri". Anggaplah mereka sebagai anak didik kita sendiri layaknya siswa siswi yang kita ajar di sekolah asal kita masing-masing.

Baca juga Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik - Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia


0 comments:

Posting Komentar

 

Site Info

Followers

Copyrights © 2010 RifatSoftware Support Berita Teknologi Blog RifatView Blog SEO RifatView
Also Supported SEO Contest
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik - Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
Jual RPP dan Silabus - Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia
Informasi Kredit Terbaik di Indonesia - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda